2. Materi : Statitika dan Peluang
a. Standar Kompetensi
Siswa menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
b. Kompetensi Dasar
Siswa mampu menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya.
c. Indikator
1) Siswa dapat membuat tabel distribusi frekuensi.
2) Siswa dapat membuat diagram batang, garis, atau lingkaran.
3) Siswa dapat menjelaskan data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
4) Siswa dapat menjelaskan data yang disajikan dalam diagram batang, garis, atau lingkaran.
5) Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk histogram.
6) Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk poligon frekuensi.
7) Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk ogif positif dan ogif negatif.
d. Asesmen
Projek matematika.
Carilah data tentang transaksi pembelian di 1 Alfamart dan 1 Indomaret selama 1 bulan (bulan yang dipilih ditentukan sendiri).
1) Tentukan banyaknya pembelian 1 jenis barang kebutuhan sehari-hari misalnya sabun mandi (tentukan 3 merk yang dijual) setiap hari selama 1 bulan di Alfamart.
2) Tentukan banyaknya pembelian 1 jenis barang kebutuhan sehari-hari (barang yang dipilih sama dengan barang yang dipilih di Alfamart) setiap hari selama 1 bulan di Indomaret.
3) Sajikan data dalam tabel distribusi frekuensi dan diagram.
4) Merk apa yang paling banyak diminati pembeli di Alfamart (dalam 1 bulan)? Jelaskan.
5) Merk apa yang paling banyak diminati pembeli di Indomaret (dalam 1 bulan)? Jelaskan.
6) Konstruksi histogram dan poligon frekuensi masing-masing merk yang di beli selama 1 bulan di Alfamart.
7) Konstruksi ogif positif dan negatif masing-masing merk yang dibeli selama 1 bulan di Indomaret.
8) Buatlah hubungan antara persentase pembelian merk satu dengan merk lain selama 1 bulan di Alfamart.
9) Buatlah hubungan antara persentase pembelian merk satu dengan merk lain selama 1 bulan di Indomaret.
10) Jelaskan bagaimana hasil pembelian 1 jenis barang di Alfamart dan Indomaret.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar