Senin, 22 Agustus 2011

RENCANA ASESMEN KELAS XI SEMESTER 1 PROGRAM ILMU PENGETAHUAN ALAM(VI)


6.            Materi    : Statitika dan Peluang
a.      Standar Kompetensi
Siswa menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
b.      Kompetensi Dasar
Siswa mampu menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.
c.       Indikator
1)      Siswa mampu menentukan besarnya frekuensi harapan suatu kejadian.
2)      Siswa mampu menentukan peluang suatu kejadian.
d.      Asesmen
Tugas tertutup (closed task) dan daftar cek (checklist)
1)      Tugas tertutup (closed task)
a)      Perusahaan pemintalan mempunyai mesin pintal 2.200 unit. Peluang satu mesin pintal rusak adalah 2,5% per tahun. Tentukan berapa banyaknya mesin pintal yang mungkin rusak setiap tahunnya dan berapa biaya perbaikan seluruh mesin pintal selama setahun jika biaya perbaikan satu mesin pintal setiap kali mengalami kerusakan adalah Rp 6.750.000,00
b)      Santi mempunyai 2 pasang kaus kaki  yaitu 1 pasang kaus kaki berwarna hitam dan 1 pasang kaus kaki berwarna putih. Kaus kaki tersebut diletakkan dalam kotak. Kotak tersebut dikocok kemudian Santi mengambil 2 kaus kaki secara acak. Tentukan peluang mendapatkan sepasang kaus kaki hitam.
Galih         : ”Mudah sekali. Kaus kaki yang diambil bisa jadi sepasang atau tidak sepasang sehingga ada 2 kemungkinan. Peluang kaus kaki yang terambil adalah sepasang bernilai . Ketika yang terambil sepasang kaus, peluang kaus kaki hitam bernilai . Akibatnya peluang mengambil sepasang kaus kaki hitam adalah .  =
Bayu          : ”Saya tidak setuju jawaban Galih. Ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi bukannya 2 kemungkinan. Pengambilan kaus kaki sepasang akan menghasilkan sepasang kaus kaki hitam, sepasang kaus kaki hitam-putih, atau sepasang kaus kaki putih. Akibatnya kesempatan mengambil sepasang kaus kaki hitam adalah 1 dari 3 atau peluangnya
Candra      : ”Saya tidak sependapat. Peluang mengambil kaus kaki pertama berwarna hitam adalah = . Kemudian masih aa 3 kaus kaki yang akan dipilih sehingga peluang mengambilkaus kaki kedua yang brwarna hitam adalah . Akibatnya, peluang mengambil sepasang kaus kaki hitam adalah .=
     Berdasarkan percakapan di atas, jawaban siapakah yang benar dan jawaban siapakah yang salah? Berikan alasannya.
2)    Daftar cek (checklist)
      Berdasarkan jawaban yang diberikan siswa, guru ingin melihat pemahaman siswa tehadap informasi yang disajikan, konsep yang digunakan, penalaran yang dibuat siswa, dan cara penyelesaian yang dipilih. Oleh karena itu, guru membuat daftar cek dan memberi tanda contreng sesuai pengamatan yang dilakukan terhadap masing-masing siswa. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar