4. Materi : Statitika dan Peluang
a. Standar Kompetensi
Siswa menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
b. Kompetensi Dasar
Siswa mampu menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.
c. Indikator
1) Siswa dapat menggunakan aturan perkalian dalam memecahkan masalah matematika.
2) Siswa mampu memberikan contoh aplikasi permutasi kombinasi.
3) Siswa mampu menyelesaikan contoh aplikasi permutasi kombinasi yang telah dibuat.
d. Asesmen
Tugas tertutup (closed task) dan jurnal
1) Tugas tertutup
a) Sekumpulan angka: 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 akan disusun bilangan-bilangan yang terdiri dari 4 angka berbeda dan bernilai lebih dari 5.000. Tentukan banyaknya bilangan yang dapat disusun.
b) Tentukan banyaknya kesempatan susunan barisan tempat duduk 7 laki-laki dan 6 wanita sehingga membentuk barisan dengan wanita akan menempati posisi genap
2) Jurnal
Jurnal disusun guru untuk mengetahui materi-materi apa yang dianggap susah oleh siswa. Siswa diminta mengisi jurnal dengan pertimbangan akan diperoleh informasi kekuatan dan kelemahan siswa terhadap materi tertentu yang valid karena bersumber dari siswa itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar