Senin, 22 Agustus 2011

RENCANA ASESMEN KELAS XI SEMESTER 1 PROGRAM ILMU PENGETAHUAN ALAM (III)


3.         Materi    : Statitika dan Peluang
a.      Standar Kompetensi
Siswa menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
b.      Kompetensi Dasar
Siswa mampu menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya.
c.       Indikator
1)      Siswa dapat menentukan besarnya rata-rata, jangkauan, modus, dan median data.
2)      Siswa dapat menentukan letak dan nilai desil.
3)      Siswa dapat menentukan besarnya simpangan baku.
d.      Asesmen
Tugas kelompok dan catatan guru.
     
Berikut ini disajikan data jumlah penonton konser musik yang diselenggarakan suatu provider telepon seluler di beberapa kota di Jawa.
Kota
Hari
Penonton
Surabaya
Kamis
Sabtu
Minggu
36854
39542
38756
Yogyakarta
Kamis
Sabtu
Minggu
42859
40564
43287
Bandung
Kamis
Sabtu
Minggu
37653
36895
40666
a)      Informasi apa saja yang ada dan dapat digali dari masalah tersebut?
b)      Apakah rata-rata banyaknya penonton konser lebih besar dari 34000? Jelaskan pendapat kelompokmu.
c)      Apakah rata-rata banyaknya penonton konser kurang dari 45000? Jelaskan pendapat kelompokmu.
d)     Perkirakan rata-rata banyaknya penonton setiap pertunjukan. Jelaskan bagaimana mendapatkan perkiraan rata-rata tersebut.
e)      Perkirakan rata-rata, jangkauan, modus dan median banyaknya penonton konser di masing-masing kota.

 
Tugas kelompok
Soal no 1 tugas kelompok





                                                                                                          
















































         Soal no 2 tugas kelompok
         Diberikan tabel distribusi frekuensi berikut ini.
Interval
Frekuensi
0-4
5
4-8
7
8-12
9
12-16
17
16-20
15
20-24
14
24-28
6
28-32
3
32-36
1
36-40
0
        a)      Letak desil ke-5, desil ke-7, dan desil ke-9.
        b)      Hitunglah (D7­ + D5 + D3) – (D6 + D4 + D2).
        c)      Hitunglah (D8­ + D6 + D4)+ D2) – (D9 + D7 + D5 + D3).
       d)     Apabila , dengan A sembarang bilangan, c = panjang kelas dalam distribusi     frekuensi, dan , buktikan bahwa






Catatan guru
Berdasarkan tugas kelompok di atas, guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam hal keterlibatan dalam diskusi, menyatakan pendapat, menanggapi pendapat, dan bertanya. Oleh karena itu disusun catatan guru yang meliputi unsur:
P = keterlibatan dalam diskusi
Q = menyatakan pendapat
R = menanggapi pendapat
S = bertanya
Pada saat diskusi, guru mengamati perilaku siswa dan memberi tanda (turus) pada masing-masing unsur untuk setiap siswa. Setelah selesai, guru mencatat seberapa sering setiap siswa berpartisipasi di dalam diskusi kelas. Jika terdapat siswa yang kurang berpartisipasi, guru mengadakan pertemuan dengan siswa tersebut dan menyelidiki apa yang terjadi pada siswa tersebut.
Berikut ini catatan guru yang dapat dibuat.
Nama siswa
P
Q
R
S
Amir




Bagus




Candra




...






 
 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar